Anda yakin ingin menghapus :


Tidak  Ya
Artikel Arena Karier

Menghadapi Rekan Kerja Yang Pemalas

08 Mar 2013
Kategori : Kesehatan
Oleh : Devona

Dalam lingkungan kerja kita bertemu dengan berbagai karakter dari rekan kerja. Jika ada salah satu rekan kerja kita yang mempunyai karakter yang malas atau lambat dalam bekerja, tentu saja itu dapat merugikan diri kita. Apalagi jika kita bekerja dalam suatu team, dimana keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai target merupakan keberhasilan dan kegagalan tim. Namanya saja teamwork, kegagalan salah seorang rekan kita adalah kegagalan Anda dan rekan Anda yang lainnya. Untuk mengatasi agar si "lambat" ini tidak merugikan kelompok kerja Anda, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan, antara lain:

1. Buktikan Performance Anda

Anda harus dapat membuktikan bahwa performance Anda, bagus. Buatlah catatan rapi mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian atau target Anda. Ketika atasan dan rekan kerja mengetahui bahwa Anda adalah good performer, maka pastilah segala usulan Anda akan didengar dan dihargai.

2. Berikan Masukan Pada Rekan Kerja Anda yang "Lambat"

Dalam teamwork, memang semua anggota tim harus kompak dan saling terbuka. Sebaiknya pada waktu pertemuan tim, sampaikan terus terang bahwa setiap anggota harus memberikan kontribusi maksimal untuk tim, karena kelemahan seseorang akan berpengaruh pada seluruh tim. Tanyakan pada rekan anda yang pemalas apa kendala yang ia hadapi untuk memperoleh hasil maksimal, dan katakan bahwa hal ini sangat berdampak pada tim. Jangan lupa berikan ia support dengan mengatakan bahwa seluruh tim siap membantu.

3. Laporkan Pada Atasan

Siapkan data-data performance Anda sendiri dan tim yang lain sebagai bukti, lalu minta untuk bertemu atasan langsung dan sampaikan kondisi yang terjadi. Tentu semua harus didukung dengan bukti tertulis. Sebaiknya tidak hanya sekedar menyalahkan si pemalas tapi juga harus ada pembagian tugas, tanggung jawab dan performance masing-masing sehingga ketahuan kelemahan si pemalas selama ini.

4. Laporkan Pada One Up Level

Apabila atasan langsung tidak menunjukkan tindakan yang diharapkan, silahkan sampaikan kepada bos nya atasan. Sampaikan bahwa Anda dan beberapa rekan kerja Anda mengalami kesulitan dengan salah seorang tim dan sudah melapor ke atasan tetapi belum ada tindakan kongrit. Biasanya atasan yang menduduki posisi ini akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.
Semoga solusi terbaik dapat Anda dapatkan dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.v

Artikel Terkait